BERBAGI KEBAHAGIAAN

0
236

SOKOPAPAT.COM- Bulan Ramadan selalu menjadi hari paling membahagiakan. Bulan puasa tak ubahnya magnit maha dahsyat bagi relasi ubudiyah hamba dengan sang pencipta, Allah swt, maupun persaudaraan antar umat. Kegiatan salat tarawih, ngabuburit, buka bersama, tadarus dan mengikuti berbagai kajian agama menjadi perekat sosial antar umat sekaligus ajang  refleksi penghambaan seseorang kepada sang Khalik.

Hal yang paling menarik dari aktifitas selama Ramadan adalah terbangunnya hubungan sosial   antara si kaya dan si miskin. Di beberapa tempat ibadah banyak kita jumpai para dermawan maupun komunitas sosial membagikan takjil gratis. Belum lagi di masjid dan surau, terutama di perkotaan, sajian takjil jelang berbuka selalu melimpah, seolah setiap orang tak mau melewatkan puasa tanpa sedekah, meski sekadar memberi takjil untuk berbuka.

Kebersamaan dalam kebahagiaan ini akan terus terlihat hingga di penghujung Ramadan. Salahsatu pemandangan menarik akan nampak di hari-hari terakhir Ramadan. Semua orang mendadak dibuat rempong menghadapi lebaran tiba. Ada yang sibuk mempersiapkan mudik,  keliling berbagi bingkisan, mengirim parsel, memborong belanjaan dan bersih-bersih rumah. Ada juga yang hari itu bergembira menerima zakat, sedekah, bingkisan sembako, THR dan segala rupa kebahagiaan penanda lebaran segera tiba.

Dua-duanya merupakan ekspresi kebahagiaan yang saling melengkapi dan menambah khazanah kekayaan budaya yang bisa memberi energi positif bagi keberlangsungan relasi antar sesama; kaya dan miskin.

Ritual puasa Ramadan, yang ditutup dengan menunaikan zakat merupakan satu kesatuan yang tak bisa ditawar dalam rangka membangun hubungan seorang hamba dengan sang Pencipta (hablum minallah) dan hubungan hamba dengan sesama (Hablum minannas). Karena itu, zakat, juga infak dan sedekah, menjadi sebuah keniscayaan bagi menjamin keberlangsungan hidup manusia, agar mereka menemukan keseimbangan dan hakikat hidup kembali kepada fitrahnya.

Bila hari ini Anda berbahagia karena banyak bingkisan, hadiah dan aneka rupa pemberian menumpuk, maka itu harus bisa memotivasi, kelak Anda juga bisa balik memberi hal yang sama kepada orang yang berhak menerima. Dan bila hari ini Anda beruntung bisa berbagi kebahagiaan dalam bentuk pemberian, hadiah dan berbagai bingkisan, bersyukurlah, karena tidak semua orang yang mampu, bisa ikhlas berbagi.

Selamat menyambut hari kemenangan bersama orang-orang tercinta di manapun Anda berada. /(am)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.