Berapa Takaran Zakat Fitrah yang Sahih?

0
521

SOKOPAPAT. COM-Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib dan harus ditunaikan umat muslim untuk menyempurnakan ibadah puasanya. Karena bersifat personal, biaya yang dikeluarkan oleh seorang muzaki (pemberi zakat) merupakan pengeluaran biaya pribadi hingga tidak diperlukan laporan atas pengeluaran zakat fitrah ini. 

Pada zaman Rasulullah Muhammad saw, besaran zakat ditentukan dengan ukuran satu sha’ atau empat mud. Pada saat ini, setelah dikonversi dari mud menjadi kilogram, terjadilah perselisian dalam penentuan besarnya satu mud menjadi ons. Ada ulama yang menyatakan satu mud adalah 6 ons, sehingga bila dikali empat menjadi 2,4 kg. Takaran ini kemudian disempurnakan menjadi 2,5 kg dan dijadikan patokan besaran zakat fitrah selama ini. Ada juga yang menyatakan satu mud 6,5 ons bila dikalikan empat menjadi 2,6 kg, dan ada juga yang menyatakan satu mud 7 ons bila dikalikan empat maka 2,8 kg. Dari ukuran ini terjadi perbedabatan, dan sebagian ulama memberikan rekomendasi dan himbauan untuk mengelurakan zakat 3 kg, agar tidak ada lagi perdebatan soal tersebut.

Dengan berzakat menggunakan ukuran 3 kg, maka apabila ada kelebihan dianggap untuk sedekah kepada kaum dhuafa. Sebab lebih baik lebih saat memberi pada yang membutuhkan daripada kurang apalagi ukurannya tidak pas, akan berimplikasi pada keabsahan zakat fitrah seseorang. Himbauan ini sebenarnya sudah dikeluarkan pihak MUI Jawa Timur sejak beberapa tahun lalu, namun sampai saat ini belum tersampaikan secara menyeluruh kepada masyarakat. Karena itu, penting himbauan ini bisa diusulkan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian Agama untuk disampaikan kepada masyarakat luas agar memberlakukan zakat fitrah sebesar 3 kg. Dengan demikian, keraguan tentang keabsahan zakat keluar dari perdebatan yang terjadi.

Keputusan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur (MUI Prov Jatim) menyarankan umat muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah sebesar 3 kg, tahun ini kembali didengungkan oleh Ketua Komisi Fatwa MUI Prov Jatim, KH Abdurahman Nafis, demi mengakhiri perdebatan penentuan zakat fitrah yang ada di kalangan ulama dan masyarakat. Himbauan ini diharapkan bisa menjadi jalan keluar agar tidak lagi terjadi perdebatan mengenai besarnya zakat yang harus dikeluarkan bagi umat muslim di Indonesia. 

sumber:
Diolah kembali dari
https://jatim.kemenag.go.id/berita/9981/mui-sarankan-zakat-fitrah-3-kg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.