Buka Bersama, antara Sedekah  dan Gaya Hidup

0
229
Suasana buka puasa di Masjid AL Hikmah Den Haag/facebook

SOKOPAPAT.COM l Hampir di banyak negara muslim, acara buka bersama dan bersedekah takjil sudah menjadi hal jamak, sebagai wujud rasa syukur atas rezeki melimpah yang diterima sekaligus menyemai amal yang berlipat pahalanya di bulan Ramadan.

Di Indonesia, budaya berbuka bersama berkembang sedemikian rupa. Segala bentuk acara bisa diseting menjadi kegiatan buka bersama, bisa dilakukan siapapun, muslim atau non muslim, di rumah, jalanan hingga hotel berbintang.

Dari fenomena yang berkembang, kegiatan buka bersama yang riil hanya tampak di masjid-masjid, yang memang menyediakan berbuka bagi siapapun yang singgah di masjid pada saat buka tiba. Selebihnya, kegiatan buka bersama terasa telah jauh melenceng dari sekadar bersedekah atau berbagi dalam rangka memberi kegembiraan kepada orang-orang papa. Hal paling dominan dari acara buka bersama tak ubahnya kegiatan sosialita pada umumnya yang eksklusif dan terbatas.

Berbagai komunitas, keluarga,  institusi dan bermacam paguyuban semua latah menyelenggarakan kegiatan buka bersama di berbagai tempat; hotel, resto atau tempat-tempat yang tak mungkin dijangkau orang-orang yang ketika waktu berbuka datang lebih membutuhkan.

 

Dua minggu terakhir, saya menjadi bagian dari banyak orang yang lebih memilih makan di luar dengan balutan acara buka bersama. Sejatinya saya nggak bisa menikmati makan di mana undangan buka bersama diselenggarakan, sementara begitu banyak orang pada waktu yang sama harus berjuang sekadar bisa makan seadanya.

Buka bersama dari satu hotel ke hotel berbeda, resto satu ke resto yang lain, hingga dari rumah pejabat ke rumah pengusaha, semua seperti ritual pemujaan atas materi dan pundi-pundi harta para penyelenggara daripada sebuah bentuk rasa syukur.

Dunia benar-benar telah berubah hingga ritual buka bersama telah bergeser sedemikian jauh maknanya, dari relasi kaya-miskin menjadi gaya hidup materialis-hedonistik dan benar-benar telah mengurangi berkah kenikmatan berbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.